Tidak Gampang Kerja di Kapal Pesiar Maka Sebelumnya Pelajari Tip dan Syarat Agar Anda Bisa Bergaji Dollar | Sekolah Kapal Pesiar dan Perhotelan Captains Club College Judul Halaman Saya

Tidak Gampang Kerja di Kapal Pesiar Maka Sebelumnya Pelajari Tip dan Syarat Agar Anda Bisa Bergaji Dollar

Walaupun banyak manfaat yang didapatkan selain memiliki gaji di kapal pesiar besar, bisa keliling dunia tetapi kerja di kapal pesiar tidaklah mudah. Maka dari itu ada beberapa yang harus Anda pertimbangkan jika ingin kerja di kapal pesiar.

1. Memutuskan bahwa pekerjaan dan berkarir di Kapal Pesiar adalah pilihan tepat buat Anda
  • Apakah Anda mudah mabuk laut ? Mabuk laut bisa sewaktu-waktu bisa terjadi oleh siapapun dan mengingat bahwa pekerjaan di kapal pesiar memakan waktu berbulan-bulan hal ini layak menjadi pertimbangan anda dan memang hal ini bisa diatasi dan disiati jika terjadi.
  • Mempersiapkan Knowledge dan Skill. – Knowledge dan Skill adalah pengetahuan dan kemampuan Anda tentang operasional dari jenis pekerjaan, profesi di kapal pesiar sesuai yang hendak pilih sebelum melamar ke kapal pesiar yang bisa Anda dapatkan di sekolah, kursus, pelatihan profesi kapal pesiar dan perhotelan, misal Anda bisa belajar di Sekolah Pariwisata Bandung, Tristar Cruise Training Center, Captains Club College di Bandung dan masih banyak lagi lembaga yang kompeten membantu Anda untuk bisa berkarir di Kapal Pesiar bahkan Perhotelan. Dan langkah ini akan memudahkan Anda.ketika seseorang menggunakan jasa agen penyalur tenaga kerja kapal pesiar, sudah siap serta cepat menyesuaikan biasanya sebelum Anda berangkat ke kapal pesiar.
  • Saat Anda sudah bekerja di kapal pesiar, Anda akan bekerja hingga 7 hari dalam seminggu dan orang-orang yang bekerja di kapal pesiar memiliki waktu kerja yang bervariasi setiap harinya. Bisa jadi Anda mungkin akan mendapatkan 2 sampai 4 bulan liburan selama kontrak, tetapi Anda juga bisa bekerja hingga 14 jam per hari. Hal ini bukan menjadi beban jika diawal Anda sudah memilih berkarir disini.
2. Memahami Operasional Kerja di Kapal Pesiar

Anda perlu mempelajari secara umum bagaimana sebuah kapal pesiar beroperasi. Meskipun operasional kapal pesiar mirip dengan hotel, namun tentu terdapat banyak perbedaan antara kapal pesiar dengan hotel.

  • Sebagai awak kapal pesiar setiap saat dalam pekerjaannya sering sekali berinteraksi dengan penumpang meskipun terkadang bukan waktu atau saat jam kerja.
  • Fasilitas sebagai awak di kapalpesiar diberikan 1 kamar tidur masing-masing, tetapi ada juga yang harus sekamar dengan karyawan lain, untuk hal ini tergantung pada kebijakan dan jenis setiap kapal pesiar serta tingkatan pekerjaan.
3. Mencari Daftar Lowongan Kerja di Kapal Pesiar

Ini adalah sebagian informasi bagi Anda yang ingin bekerja di Kapal pesiar yaitu bisa Anda kunjungi 3 website perusahaan kapal pesiar terbesar di dunia berikut ini (silahkan klik masing-masing nama perusahaan untuk menuju ke situs webnya) Royal Caribbean, Carnival dan Norwegian Cruise lines sehingga memudahkan Anda untuk bisa melihat apakah ada lowongan pekerjaan di perusahaan tersebut. Biasanya perusahaan-perusahaan itu akan memasang pengumuman di website mereka jika ada lowongan pekerjaan.

Ingatlah bahwa Anda akan bersaing dengan ratusan atau bahkan ribuan pelamar. Oleh karena itu buat sebanyak mungkin daftar lowongan kerja di kapal pesiar yang tersedia ( Captains Club College ) dan siapkan pengetahuan dan ketrampilan Anda khususnya untuk Bahasa Inggris harus lancar sehingga Anda berkesempatan besar bekerja di kapal pesiar.

4. Membuat Resume atau Curriculum Vitae (CV) untuk setiap lowongan kerja di kapal pesiar sesuai dengan Target Anda.

Di bawah ini merupakan pedoman umum resume untuk lamaran kerja kapal pesiar:

  • Pastikan resume Anda dibuat dalam bentuk file Microsoft Word, Portable Document Format (PDF) atau Rich Text Format. Buatlah resume Anda sebanyak 1 sampa 2 halaman dengan ukuran huruf tidak kurang dari 10pt.
  • Buat daftar pengalaman kerja Anda dimulai dari yang paling terakhir. Pihak manajemen kapal pesiar akan lebih senang jika Anda menempatkan pengalaman kerja sebelum riwayat pendidikan. Masukkan keterampilan (skill) di bawah setiap riwayat pekerjaan yang mengarah pada posisi yang Anda lamar di kapal pesiar. Buat keterangan sejelas mungkin, karena kapal pesiar merupakan perusahaan internasional, maka belum tentu pihak manajemen mengathui perusahaan terakhir tempat Anda bekerja.
  • Buat daftar riwayat pendidikan dimulai dari pendidikan yang paling tinggi. Jika Anda memang belum memiliki pengalaman kerja atau hanya mempunyai sedikit pengalaman kerja, tidak masalah untuk menempatkan riwayat pendidikan di atas pengalaman kerja. Beberapa jenis pekerjaan di kapal pesiar tidak mengharuskan pelamar untuk memiliki pengalaman kerja.
  • Buat daftar bahasa yang Anda kuasai, termasuk tingkat penguasaan Anda terhadap bahasa tersebut, misalnya lancar (aktif ) atau kurang atau (pasif).
  • Buat bagian khusus di lamaran kerja Anda untuk menunjukkan keterampilan (skill) Anda yang berhubungan dengan posisi yang akan Anda lamar di kapal pesiar tersebut.
  • Sertakan juga foto diri (jika diminta). Meskipun beberapa perusahaan kapal pesiar di Amerika tidak meminta foto diri, namun tetap ada beberapa perusahaan yang mengharuskan pelamar untuk menyertakan foto diri di resume mereka. Buat foto diri Anda menarik dan profesional.
  • Sertakan 2 sampai 3 referensi dari orang-orang yang berkompeten untuk menilai kemampuan Anda dalam bekerja. Pastikan Anda juga menyertakan nomor telepon dengan format internasional (diawali dengan +62 untuk Indonesia) sebagai sarana komunikasi antara manajemen kapal pesiar dengan orang yang mereferensikan Anda.
5. Membuat Surat Lamaran yang Meyakinkan

Tulislah surat lamaran sebanyak 400 kata atau kurang dan berikan format tebal (bold) untuk pengalaman kerja, keterampilan dan pendidikan Anda yang menunjukkan bahwa Anda cocok untuk posisi yang Anda lamar tersebut. Jika Anda ingin melamar lebih dari satu posisi, maka buat beberapa surat lamaran dengan format yang berbeda-beda.

6. Mengajukan Lamaran Pekerjaan Perusahaan Kapal Pesiar

Jika Anda belum diterima bekerja di perusahaan kapal pesiar yang Anda harapkan dan diterima bekerja di kapal pesiar lain, maka jadikan hal tersebut untuk menambah pengalaman kerja Anda. Sehingga jika Anda memiliki banyak pengalaman kerja, maka akan lebih memudahkan Anda untuk diterima di perusahaan kapal pesiar besar yang lain nantinya. Dan sebagai tambahan jika Anda memiliki pengalaman dalam bidang wisata/culinary atau yang lain, jadikan hal itu sebagai nilai tambah untuk dimasukkan di resume Anda.

7. Menghubungi Penyedia Jasa Penyaluran Tenaga Kerja untuk Kapal Pesiar

Menghubungi jasa penyaluran tenaga kerja atau berkosultasi pada lembaga pelatihan profesi resmi (Captains Club College) setelah menyelesaikan pendidikan dibantu penyaluran kerja di kapal pesiar maupun mengunjungi situs web lowongan kerja (job seeker) biasanya akan memungut biaya untuk dapat menggunakan jasa mereka. Oleh karena itu, cek dulu keabsahan dan perizinan dari jasa maupun situs web loker tersebut agar Anda tidak tertipu.

8. Perbaharui Resume Jika Diperlukan dengan Menghubungi Bagian Perekrutan Tenaga Kerja dari Kapal Pesiar

Betuk dalam hal ini diperlukan kesabaran, jika Anda belum mendapat kesempatan bekerja pada lamaran pertama Anda atau proses interview, maka jangan putus asa, tetap optimis jika diperlukan Anda dapat mengajukan lamaran kembali pada posisi yang lain dan minta pihak Perekrutan tenaga Kerja Kapal Pesiar atau Manajemen kapal pesiar agar memperbarui resume Anda bila Anda memiliki pengalaman atau keterampilan yang baru sesuai dengan profesi tersebut.

Untuk hubungi Captains Club College Bandung – Sekolah Kapal Pesiar Resmi

Komplek Grand Suapati Core Blok F 10, Bandung, Indonesia
Phone : 0857 94 8585 76 atau 0822 18 6688 76
Chat Whatsapp : Info Captains Club Bandung
E-mail : captainsclub.info@gmail.com

Berlangganan Download Ebook Bagus Cara Menghasilkan Income Dari Internet

Tinggalkan Balasan